Cara Membuat Pot Tanaman

S
oftware "sketchup' sangat membantu bagi para perancang untuk membuat model-model elemen maupun detail-detail disain lansekap.seperti bentuk profil pada Tiang pergola,atap gazebo ,bentuk pond atau kolam renang ,salah satunya adalah membuat model pot gerabah tanaman.

Cara membuat model element dengan 'sketchup' bisa di lakukan seperti langkah-langkah berikut:sangat mudah.....


Step 1:
Buat dulu bidang lingkaran pada bidang gambar sketchup,dengan memprgunakan tool 'Circle' luasan bidang disesuaikan dengan keinginan.

Step 2:
Mempergunakan tool 'LINE' coba gambar bentuk profil yang diinginkan,perhatikan bagian luar daripada bidang,karena disitulah letak dari profil yang akan terbentuk


Step 3:
Langkah selanjutnya ambil tool 'FOLLOW ME' klik pada area bidang yang telah di gambar,kemudian dengan menekan 'ALT' pada keyboard,gerakan mouse mengikuti bentuk lingkaran sehingga kembali ke garis awal.
apa yang terjadi..??? bentuk pot akan terbentuk dengan sendirinya

Step 4:
Mulai mewarnai pot tersebut dengan meng klik tombol warna,pilih warna yang diinginkan

Step5:
Dengan menggunakan tool "Push/Pull" coba angkat dasar pot keatas sehingga bentuk pot seakan terisi dengan tanah.
dan warnai


step 6:
Arahkan cursor ke 'Windows' pilih 'Component' untuk mengeluarkan model tanaman yang sudah ada,kemudian 'drag' gambar tanaman yang diinginkan ke atas pot tersebut.
dan hasilnya...Mudah bukan.!

Cara pembuatan profil bentuk pot gerabah dapat dilakukan dengan beberapa cara dibawah ini ada beberapa contoh daripada bentuk-bentuk yang tercipta,dengan sedikit kreatifitas maka cara ini dapat dipergunakan untuk membuat bermacam-macam elemen seperti profil tiang/kolom rumah,bentuk kolam air mancur,bentuk atap gazebo dll

silahkan berkreasi...!!!




Comments

Anonymous said…
thx for d'tutorials, guru,
cheers...

Popular posts from this blog

Cara Membuat NOTASI TANAMAN dengan PHOTOSHOP

CARA MEMBERI WARNA DENAH LANSEKAP DENGAN PHOTOSHOP

CARA MEWARNAI SKETSA